Apakah Anda adalah seorang karyawan kantoran atau Buruh Pabrik yang memiliki hobi yang menghasilkan atau usaha dan bisnis sampingan? Ada banyak alasan mengapa seorang karyawan memiliki bisnis lain di luar pekerjaan utama mereka, seperti menambah penghasilan atau menyalurkan hobi yang dimilikinya untuk mendapatkan uang.

Bila Anda memiliki usaha sampingan, manajemen waktu merupakan hal yang wajib Anda perhatikan untuk bisa sukses dalam pekerjaan utama maupun sampingan. Jangan sampai pekerjaan utama terganggu karena Anda terlalu sibuk mengurusi pekerjaan sampingan.

Ada beberapa cara mengatur waktu yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah manajemen karir dan bisnis sampingan yang Anda miliki. Berikut ini merupakan beberapa tips yang telah kami rangkum khusus untuk Anda.

1. Tentukan Periode Waktu Kerja Anda

Daripada melakukan multitasking atau bergantian melakukan aktivitas terkait pekerjaan kantor dan bisnis sampingan bersamaan, lebih baik Anda membagi waktu Anda untuk fokus pada salah satunya. Sebagai contoh, fokuskan jam sarapan dan jam makan siang untuk membereskan hal kecil terkait pekerjaan sampingan seperti membalas email, sedangkan seluruh jam kerja difokuskan untuk pekerjaan utama saja. Gunakan jam malam dan akhir pekan untuk mengurusi usaha sampingan bila tidak sedang lembur dari pekerjaan utama.

2. Buat Skala Prioritas

Anda perlu menentukan prioritas aktivitas yang perlu dilakukan agar tidak mengganggu pekerjaan utama. Misalnya, jadikan membalas email terkait pekerjaan sampingan sebagai prioritas utama yang dikerjakan saat jam sarapan. Bila Anda senggang di jam kerja, berikan prioritas pada aktivitas bisnis sampingan tertentu yang Anda anggap penting dan bisa dilakukan tanpa mengganggu jika Anda mendadak harus kembali beraktivitas untuk pekerjaan utama Anda.

3. Manfaatkan Pekerja Paruh Waktu

Gunakan pekerja paruh waktu untuk menghemat waktu Anda dengan cukup signifikan. Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis sampingan toko online. Bila Anda telah memiliki banyak pelanggan, sebaiknya Anda mempekerjakan seorang pekerja paruh waktu sebagai tenaga administrasi untuk mengurusi pesanan yang masuk dan membalas pesan pelanggan.

4. Manfaatkan Fitur Smartphone

Perangkat smartphone Anda memiliki fitur-fitur yang berguna untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Sebagai contoh, fitur alarm dan task reminder sangat berguna untuk mengingatkan Anda terhadap aktivitas yang sedang menjadi prioritas. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh aplikasi-aplikasi produktivitas seperti task planner atau finance notes yang dapat membantu manajemen aktivitas dan keuangan Anda.

5. Ambil Waktu Istirahat untuk Diri Sendiri

Sesibuk apapun Anda bekerja demi karir dan bisnis sampingan, waktu istirahat tidak boleh sampai dilewatkan. Bila Anda terlalu lelah, kesehatan tubuh dan pikiran Anda dapat melemah. Hal ini tentu memiliki dampak negatif dalam jangka panjang bagi karir maupun bisnis sampingan Anda. Luangkan waktu beberapa jam setiap pekan untuk menikmati hidup dan menyegarkan kembali tubuh dan pikiran.

Demikianlah beberapa cara mengatur waktu yang bisa Anda lakukan. Pastikan agar Anda selalu menjaga kesehatan untuk dapat memaksimalkan aktivitas Anda pada setiap pekerjaan yang dilakukan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hallo Ada Yang Bisa Kami Bantu?